Pengertian dan Fungsi E-Government, Manfaat serta Jenisnya

Pengertian dan Fungsi E-Government, Manfaat serta Jenisnya

Pengertian dan fungsi e-government – Kegiatan dalam pelayanan pemerintah kepada masyarakat ada yang namanya e-government. Apa itu e-government? Tentunya teman-taman yang bekerja di pemerintahan pasti sudah tahu dengan apa yang dimaksud e-government itu. Untuk teman-teman yang belum tahu dengan apa yang dimaksud dengan e-government, maka di sini kamu bisa tahu arti dari e-government. Karena di sini akan kami bahas secara rinci definisi tentang e-government dan fungsinya. Tak hanya pengertian e-government dan fungsi e-government saja, di sini juga kami bahas tentang pengertian e-government menurut para ahli, tujuan e-government, manfaat e-government, jenis-jenis e-government serta keuntungan dan kerugian e-government.

Pengertian dan Fungsi E-Government

Pengertian E-Government

Arti dari istilah e-government (e-gov) adalah elektronik pemerintah, online pemerintah, pemerintah digital atau pemerintah transformasi. Jadi pengertian e government adalah kegiatan pemerintahan yang menggunakan media teknologi dan informasi, dalam memberikan informasi dan pelayanan untuk warganya, serta hal-hal yang lainnya yang berhubungan dengan pemerintahan. Secara singkatnya pengertian dari e-government adalah penggunaan atau pemakaian teknologi informasi yang untuk meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan pihak-pihak lain.

Atau definisi e-government adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah dalam memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, dalam urusan bisnis, dan hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintah. Jadi e-government merupakan upaya pemerintah dalam mengembangkan penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian E-Government Menurut Para Ahli

  • Pengertian e-government menurut et al (2002), menyatakan e-government sebagai penggunaan teknologi informasi secara umum dan e-commerce penggunaan secara khusus untuk menyediakan kepada citizens (masyarakat) dan organisasi-organisasi, akses yang menyenangkan terhadap jasa dan informasi pemerintah, menyediakan pengiriaman jasa terhadap publik, partner bisnis dan pemasoknya dan kepada mereka yang bekerja pada sektor publik.
  • Pengertian e-government menurut Devadoss (2002), e-government adalah bentuk pemanfaatan teknologi informasi seperti internet untuk mendukung, memudahkan, mengotomatisasikan transaksi antara pemerintah dengan masyarakat (konstituennya), dunia usaha dan pemerintah lainnya.
  • Pengertian e-government menurut Dawes (2002), menyatakan e-government adalah penggunaan teknologi informasi untuk mendukung kegiatan operasional pemerintah dengan cara memberikan manfaat kepada masyarakat degnan menyediakan jasa atau pelayanan dari pemerintah kepada masyarakat.
  • Pengertian e-government menurut Pacual (2003), bahwa definisi e-government adalah penggunaan teknologi untuk meningkatkan akses dan pengiriman jasa/ pelayanan government untuk memberikan manfaat kepada masyarakat, pekerja dan juga parnter bisnis.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi E-Government

Terangkan fungsi e-government? Fungsi e-government adalah:

  • Untuk meningkatkan mutu pelayanan publik dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam proses penyelenggaraan pemerintah daerah.
  • Agar bisa terbentuk kepemerintahan yang bersih, dan transparan .
  • Untuk menjawab tuntutan perubahan dengan efektif.
  • Tujuan E-Government
  • Jelaskan tujuan e-government dalam pemerintahan? Tujuan implementasi e-government adalah sebagai berikut:
  • Pembentukan jaringan informasi dan transaksi tentang layanan publik yang tidak dibatasi dengan sekat waktu dan lokasi, serta biaya yang terjangkau bagi masyarakat.
  • Untuk pembentukan sistem manajemen dan proses kerja yang efisien dan transparan dan untuk memperlancar layanan dan transaksi antar lembaga pemerintah.
  • Untuk pembentukan mekanisme dan saluran komunikasi dengan semua lembaga negara dan penyediaan fasilitas dialog publik.
  • Pembentukan hubungan yang interaktif dengan dunia usaha.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Manfaat E-Government

Manfaat E-Government bagi pemerintah adalah sebagai berikut:

  • Untuk memperbaiki kualitas pelayanan dari pemerintah pada para stakeholder, yang utama yaitu di dalam hal-hal kerja efektivitas dan efisiensi dalam berbagai bidang kehidupan bernegara.
  • Agar meningkatkan transparasi kontrol dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan yaitu dalam sebuah rangka penerapan konsep Good Corporate Governance.
  • Supaya bisa mengurangi secara signifikan total dari biaya administrasi, relasi dan interaksi yang dikeluarkan oleh pemerintah.untuk keperluan aktivitas sehari-hari.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis-jenis E-Government

Terdapat 3 jenis e-government atau yang disebut sebagai model penyampaian pada e-government. Jenis-jenis pelayanan e-government adalah sebagai berikut ini.

1. Government to Citizen atau Government to Customer (G2C)

Government to customer adalah bentuk penyampaian layanan publik dan informasi satu arah yang dilakukan oleh pemerintah kepada masyarakat, yang dapat memungkinkan pertukaran informasi dan komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat. contoh government to customer yaitu Layanan jaminan sosial, layanan pajak online, layanan mencari pekerjaan, layanan imigrasi, layanan kesehatan, penanggulangan bencana, layanan beasiswa dan layanan dokumen pribadi (akte kelahiran, perkawinan, lisensi pengarah, apllikasi paspor dan lain-lain).

2. Government-to-Business (G2B)

Government to business adalah transaksi-transaksi elektronik di mana pemerintah telah menyediakan berbagai bentuk informasi yang diperlukan bagi kalangan bisnis untuk melakukan transaksi dengan pemerintah. Yang mengarah pada pemasaran produk dan jasa ke pemerintah untuk membantu pemerintah supaya menjadi lebih efisien melalui peningkatan proses bisnis dan juga manajemen data elektronik. Aplikasi yang memberikan fasilitas interaksi Government-to-Business adalah sistem e-procurement. Contoh government to business adalah pajak perseroan, pendaftaran perusahaan, peluang bisnis, hak paten merk dagang, pelelangan dan penjualan yang dilakukan oleh pemerintah, peraturan pemerintah (Hukum Bisnis), dan lain-lain.

3. Government-to-Government (G2G)

Government to government adalah memungkinkan komunikasi atau pertukaran informasi secara online antar departemen atau lembaga pemerintahan melalui basis data yang sudah terintegrasi. Contoh dari government to government yaitu konsultasi secara online, pendidikan secara online, blogging untuk kalangan legislative, pelayanan kepada masyarakat secara terpadu.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Keuntungan dan Kerugian E-Government

Keuntungan e-government bagi pemerintah dan keuntungan e-government bagi masyarakat yaitu:

  • Dapat memberikan pelayanan/ servis yang lebih baik kepada masyarakat. Informasi bisa disediakan kapan saja tanpa harus menunggu kantor dibuka. Informasi bisa dicari dari kantor, rumah, tanpa perlu datang ke kantor pemerintahan.
  • Pemberdayaan masyarakat lewat informasi yang mudah didapat. Dengan adanya informasi yang mencukupi, maka masyarakat akan belajar untuk bisa menentukan pilihannya. Contohnya, data-data tentang sekolah, jumlah kelas, daya tampung murid, passing grade dan lain-lain, bisa ditampilkan secara online dan bisa digunakan oleh orang tua untuk menentukan sekolah yang sesuai untuk anaknya.
  • Peningkatan hubungan pemerintah, pelaku bisnis dan juga masyarakat umum. Adanya transparansi atau keterbukaan maka diharapkan hubungan dari berbagai pihak menjadi lebih baik. Dengan keterbukaan ini dapat menghilangkan saling curiga dan rasa kekesalan dari semua pihak.
  • Teknologi informasi dan komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan (e-government) dapat mempermuddah masyarakat dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dicanangkan pemerintah bisa berjalan lancar.
  • Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien. Contohnya, koordinasi pemerintah bisa dilakukan dengan melalui e-mail, bahkan melalui video confernce.
  • E-governmen juga bisa mendukung pengelolaan pemerintah pemerintah yang lebih efisien, dan dapat meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri.
  • Masyarakat bisa memberikan masukan tentang kebijakan-kebijakan yang dibuat pemerintah sehingga bisa memperbaiki kinerja pemerintah.
  • Selain tampilan dan paduan warna yang menarik dari E-government, juga informasi-informasi yang disajikan sangat lenkgap dan terupdate.
  • Websitenya mencakup berbagai aspek seperti hukum, sosial, agama budaya, bisnis, pendidikan dan lain-lain.
  • Adanya informasi valuta asing, informasi transportasi dan juga informasi tentang tinggi muka air.
  • Semua terbuka untuk pemerintah dan masyarakat.

Kerugian e-government/ kelemahan e government:

  • Semakin bebasnya masyarakat untuk mengakses sistus web pemerintah maka akan memberikan peluang terjadinya tindak kejahatan yang bisa merusak sistem teknologi informasi dan komunikasi pada e-government. Sebagai contoh, kasus pembobolan situs KPU pada saat diselenggarakannya Pemilu.
  • Kurangnya komunikasi dan interaksi antara admin (pemerintah) dengan masyarakat, karena e-government itu dibuat untuk berinteraksi antara pemerintah dengan masyarakat dan pihak-pihak lain yang berkepentingan.
  • Pelayanan yang diberikan pada situs pemerintah belum ditunjang dengan system manajemen dan proses kerja yang efektif karena kesiapan perosedur, peraturan dan keterbatasan SDM sangat membaasi komputerisasi dalam sistem pemerintahan.
  • Kurangnya kesetaraan dalam hal akses publik untuk keandalan, internet informasi di web, serta agenda tersembunyi dari kelompok pemerintah yang bisa memberikan pengaruh dan bias opini publik.
  • Inisiatif adalah upaya instansi yang secara sendiri-sendiri, dengan begitu sejumlah faktor seperti standarisasi, otentikasi, keamanan informasi, dan aplikasi dasar yang dapat memungkinkan interoperabilitas antar situs secara aman, handal dan terpercaya kurang mendapatkan perhatian.
  • Belum mapannya strategi dan belum memadainya anggaran yang dialokasikan untuk pengembangan e-government
  • Adanya kesenjangan kemampuan masyarakat untuk mengakses jaringan internet.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian penjelasan dari kami tentang pengertian dan fungsi e-government juga tentang pengertian e-government menurut para ahli, tujuan e-government, manfaat e-government, jenis-jenis e-government serta keuntungan dan kerugian e-government. Semoga apa yang sudah kami jelaskan pada blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.

Source Article

Comments are closed.